-->

Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 12)


Pelajaran 12


Dalam pelajaran sebelumnya, kita belajar bagaimana mengatakan “Tolong beri saya …” atau “Saya ingin memiliki … “dalam bahasa Korea. Apakah Anda ingat ungkapan di pelajaran sebelumnya 👉 Pelajaran 11

주세요 [ju-se-yo] = Tolong beri saya … / Aku ingin memiliki …

Dan Kita dapat menggunakan ekspresi ini (주세요) untuk memesan sesuatu di restoran atau untuk meminta lauk lebih saat kita makan.

김밥 주세요. [Gim-bap ju-se-yo] = beri saya kimbap, (Ketika memesan di restoran)
불고기 주세요. [Bul-go-gi ju-se-yo] = beri saya Bulgogi, (Ketika memesan di restoran)
김치 주세요. [Gim-chi ju-se-yo] = Mohon diberikan kimchi untuk saya. (Ketika meminta kimchi/ tambahan kimchi)

Dalam pelajaran ini, mari kita lihat bagaimana untuk mengatakan “Rasanya enak.” | “Sangat lezat.” Dan juga bagaimana harus berterima kasih untuk makanannya sebelum dan setelah makan.

맛 [mat] = Rasa

맛 [mat] berarti “rasa” dalam bahasa Korea. Sekarang, apakah Anda ingat bagaimana mengatakan “ada” atau “Saya punya”?

Ya! 있어요 [i-sseo-yo]. Jadi dengan meletakkan 맛 dan 있어요 bersama-sama, Kita mendapatkan suatu ungkapan yaitu 맛있어요 [ma-si-sseo-yo] yang berarti “Ini lezat.”
맛있 어요 [ma-si-sseo-yo] = Ini lezat. Ini Enak.

Contoh
이거 맛있 어요. [I-geo ma-si-sseo-yo] = Ini lezat.
저 케익 맛있 어요. [Jeo Ke-ik ma-si-sseo-yo] = kue Itu lezat.
삼겹살 맛있 어요. [Sam-gyeop-sal ma-si-sseo-yo] = Samgyopsal nya (Barbekyu ala Korea) lezat.
뭐가 맛있 어요? [MWO-ga ma-si-sseo-yo?] = Apa yang enak?

Sekarang, apakah Anda juga ingat bagaimana mengatakan “tidak ada” atau “Saya tidak punya” dalam bahasa Korea?
Ya, 없어요 [EOP-seo-yo]. Apabila di gabungkan dengan 맛 dan 없어요 bersama-sama, Kita mendapatkan ekspresi 맛없어요 [ma-deop-seo-yo], yang berarti “Rasanya Tidak Enak.”

맛없어요 [mad-EOP-seo-yo] = Ini tidak lezat. Ini tidak Enak. Rasanya aneh.

Perhatikan bahwa pengucapan huruf terakhir di 맛, yang ㅅ, diubah sesuai dengan ucapan yang mengikutinya. Ketika TIDAK diikuti dengan kata apapun, itu diucapkan sebagai [t]. Ketika diikuti oleh 있어요, itu menjadi [S] suara, membuat 맛있 어요 di ucapkan sebagai [masi-sseo-yo]. Ketika diikuti oleh 없어요, menjadi [D] suara, membuat 맛없어요 diucapkan sebagai [ma-deop-seo-yo].

Contoh
이거 맛없어요? [I-geo ma-deop-seo-yo?] = Apakah ini rasanya tidak enak?
이 차 맛없어요. [I cha ma-deop-seo-yo] = Teh ini rasanya tidak enak.

Sekarang, Kita tahu bagaimana mengatakan “Ini enak.” “Ini tidak enak.” Sekarang waktunya untuk belajar frase yang Kita bisa gunakan untuk mengatakan terima kasih untuk makanannya sebelum dan setelah kita makan. Hal ini sangat penting terutama jika seseorang mentraktir kita makan atau jika kita diundang ke rumah seseorang.

잘 먹겠 습니다. [Jal meok-ge-sseum-ni-da]

잘 먹겠 습니다 [jal meok-ge-sseum-ni-da] secara harafiah berarti “saya akan makan dengan baik.” Atau “Saya akan memakanya dengan baik." ungkapan ini sangat sering digunakan di antara warga Korea ketika mereka akan mulai makan makanan, biasanya terlepas siapa yang membayar untuk makan. Tapi dalam kasus seseorang khususnya adalah yang mentraktir makanan untuk yang lain, orang yang di traktir akan mengatakan 잘 먹겠 습니다 kepada orang yang sudah membelikan makanan. ketika kita ingin bercanda bahwa teman kita harus membeli makanan untuk kita, kita juga dapat mengatakan 잘 먹을게! [Jal MEO-Geul-ge!] Yang berarti bahwa kita berterima kasih kepada mereka karena mereka mau mentraktir kita.

잘 먹었습니다. [Jal MEO-geo-sseum-ni-da]

Setelah kita selesai makan, jika kita ingin berterima kasih kepada seseorang untuk makanannya, Kita dapat menggunakan ekspresi ini. 잘 먹었습니다 harfiah berarti “Aku sudah makan dengan baik” (jangan khawatir tentang tata bahasa di sini karena ini yang biasa di ucapkan orang korea) Tapi benar-benar berarti “Terima kasih atas makanannya.”

Materi Pelajaran Lainya 👉 K-Learn

0 Response to "Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 12)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel