-->

Cara Mudah Mengatasi Asma

Cara Mudah Mengatasi Asma  - Ada jutaan penduduk di seluruh dunia yang menderita penyakti asma, meskipun bukan termasuk penyakit menular namun kenyataannya ada banyak orang di sekitar kita yang menderita asma. Penyebabnya memang banyak mulai dari factor keturunan atau karena orang tersebut mengalami stress atau di sebabkan karena obat-obatan tertentu dan akibat operasi. Pada saat seseorang menderita asma tentunya bukan hanya dia saja yang mengalami rasa sakit, tentunya keluarga dan orang di sekitarnya juga akan menjadi khawatir dan repot untuk mengurusnya. Namun ada cara mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan apabila anda menderita penyakit asma atau memiliki keluarga yang menderita asma. Pada dasarnya asma di picu karena beberapa hal, dan sebagian besar merupakan karena alergi.

Seperti alergi terhadap bulu kucing, debu atau terhadap makanan-makanan tertentu. Gejala yang ditimbulkan karena asma antara lain mengi, sesak nafas, batuk-batuk, pusing dan dada terasa sesak dan sulit bernafas. Salah satu cara untuk mencegah asma yaitu dengan menjaga kualitas udara di dalam rumah, udara harus bersih dan bebas dari debu atau bulu hewan yang dapat memicu asma. Selain dengan rutin memeriksakan diri ke dokter serta mengkonsumsi obat, cara-cara berikut ini dapat anda coba aplikasikan pada lingkungan rumah anda supaya lingkungan rumah anda tidak menyebabkan asma atau alergi pada penderita asma. Berikut ini informasi lengkapnya tentang Cara Mudah Mengatasi Asma  :

Cara Mudah Mengatasi Asma 


  • Rutin memeriksakan diri ke dokter

Jika anda atau anggota keluarga anda ada yang menderita asma, maka salah satu hal penting yang harus anda lakukan adalah memeriksakannya ke dokter. Berkonsultasi ke dokter sangat penting karena untuk mengontrol kondisi kita serta supaya kita tau hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan gangguan asma kita kambuh, dan hal apa saja yang harus kita hindari.

  • Mengontrol hewan peliharaan

Bulu dari hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang dapat memicu asma, bulu hewan seperti kucing ataupun anjing dapat berpotensi menyebabkan asma dan alergi. Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan memandikan dan membersihkan kucing atau anjing peliharaan anda secara rutin, dan tidak membiarkan mereka masuk ke dalam rumah.

  • Mengetahui hal apa yang menyebabkan asma anda kambuh

Hal ini sangatlah penting karena dengan mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan asma anda kambuh, maka anda jadi tau hal-hal apa saja yang perlu untuk anda hindari. Biasanya seorang yang menderita asma akan langsung merasakan sesak nafas dan mengi ketika terjadi kontak dengan hal-hal yang bisa memicu kambuhnya asma mereka. Untuk mengetahuinya anda bisa berkonsultasi lebih lanjut pada dokter spesialis.

  • Menjaga kebersihan rumah

Debu merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan asma, dan membuat nafas menjadi sesak. Oleh karena itu sangat penting untuk anda menjaga kebersihan rumah supaya kualitas udara di dalam rumah anda menjadi bersih dan bebas dari debu. Selain menyapu dan mengepel lantai secara rutin anda juga harus membersihkan perabotan rumah yang mudah tertempel debu seperti sofa, karpet, selimut kasur dan lain-lain, cucilah karpet atau selimut secara rutin dan jangan lupa gunakan vakum cleaner untuk menghilangkan debu yang menempel.

  • Tidak merokok dan menghindari asap rokok

Jika anda menderita asma maka kami sangat sarankan anda supaya tidak merokok, karena hal ini dapat memperparah penyakit asma yang anda derita saat ini. Selain itu anda juga harus menghindari lingkungan yang terdapat asap rokok, karena meskipun anda bukan perokok namun jika anda menghirup asap rokok dari orang lain dan masuk ke dalam paru-paru maka akan menyebabkan asma anda kambuh dan malah akan menjadi tambah parah.

  • Olahraga

Olahraga rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan membantu meringankan asma yang anda derita. Namun usahakan supaya anda tidak berolahraga yang terlalu berat, olahraga yang ringan dan bertahap saja seperti jogging, sit up, atau push up. Hal ini di karenaka olahraga sangat baik untuk mengatur pernafasan anda, karena pada dasarnya penderita asma memiliki masalah terhadap pernafasan.

  • Menghindari makanan tertentu

Menurut penelitian makanan tertentu dapat memicu alergi pada penderita asma dan menyebabkan asma mereka kambuh. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa dengan membawa bekal makanan dari rumah jika anda hendak bekerja atau hendak bepergian, supaya anda tidak membeli makanan sembarangan yang dapat memicu alergi anda kambuh.


Demikianlah pembahasan tentang Cara Mudah Mengatasi Asma yang dapat kami berikan untuk anda, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda. Informasi ini dari sehatterbaik.blogspot.co.id yang slelau memberikan tips dan informasi seputar kesehatan hanya untuk anda. Masih banyak informasi kesehatan lainnya yang bisa anda lihat disini seperti Cara Mengatasi Flu Secara Alami.

0 Response to "Cara Mudah Mengatasi Asma"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel