-->

F-16 TNI Latihan Tempur di Perbatasan Timor Leste

Pangkalan TNI Angkatan Udara El Tari Kupang menggelar latihan Tempur Sergap (TS) menggunakan pesawat tempur F-16 dari Skuadron Udara 16 Roesmin Nurjadin (Pekan Baru), di wilayah perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Latihan ini merupakan bagian dari pengamanan pertahanan udara nasional khususnya di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste dan Australia," kata Komandan Lanud El Tari Kupang, Kolonel Pnb Jorry S. Koloay, di Kupang, Senin (8/08/2016).

Koloay menjelaskan, latihan Tempur Sergap yang dilakukan di perairan NTT tersebut dibagi dalam dua bagian yakni TS Kilat B dan TS Cakra B.

Untuk TS Kilat B latihannya berlangsung hingga Selasa (9/08) besok, Sedangkan TS Cakra B berlangsung selama tiga hari dari Rabu (10/08) sampai dengan Jumat (12/08).

"Kemudian pada tanggal 13 akan kembali ke pangkalannya Lanud Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Riau," ujarnya.

Menurut Koloay, latihan yang dilakukan di wilayah NTT ini bukan karena ada hal yang berkaitan dengan keamanan negara, tetapi hanya sebatas latihan rutin TNI AU khususnya di wilayah perbatasan.

Latihan terbang yang berlokasi di selatan Pulau Rote tersebut juga lanjutnya bertujuan untuk melatih ketangkasan dari pilot-pilot pesawat tempur dari TNI AU.

Sumber: Rimanews

0 Response to "F-16 TNI Latihan Tempur di Perbatasan Timor Leste"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel