-->

Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 9)

Tata Bahasa Korea Level 1 - JMNote

Pelajaran 9

Dalam pelajaran ini, kita akan belajar tentang partikel penanda topik dan partikel penanda subjek dalam bahasa Korea. Sebagian besar bahasa tidak memiliki partikel penanda topik dan partikel penanda subjek dalam kalimatnya, jadi konsepnya mungkin sangat baru, tapi begitu kita terbiasa dengan partikel ini dan mengetahui bagaimana menggunakan partikel-partikel ini akan sangat berguna.

Partikel Topik 은 [eun] / 는 [neun]

Peran utama partikel penanda topik adalah membiarkan orang lain tahu tentang apa yang kita ingin bicarakan atau yang sedang kita bicarakan, dan partikel penanda topik dilekatkan setelah kata benda.

Kata berakhiran konsonan + -은
Kata berakhiran vokal + -는

Contoh:
가방 [ga-bang] + 은 [eun]
나 [na] + 는 [neun]

Topik pembicaraan biasanya (tetapi tidak selalu) di tandai dengan 은 [eun] atau 는 [neun]  contoh:
저 [jeo] = saya
저 + 는 [neun] = 저는 [jeo-neun] = Topik pembicaraan adalah saya "bukan orang lain"
저는 학생이에요. [jeo-neun hak-saeng-i-e-yo] = Saya adalah seorang pelajar “saya sebagai subjek”

Terkadang bahasa korea unik lihat contoh berikut:
내일은 저는 일해요. [nae-ir-eun jeo-neun ir-hae-yo]= sebagai pembicaraan”besok, saya bekerja.”
Disini, 내일 [nae-il]= besok, di ikuti dengan 은 [eun], sebagai topik kalimat, tetapi bukan sebagai subjek dari 일하다 [il-ha-da]= “bekerja”, karena subjek bukan “besok” yang bekerja tetapi “saya” yang bekerja.

Partikel Subjek 이 [i] / 가 [ga]

Peran partikel penanda subjek relatif sederhana dibandingkan dengan peran partikel penanda topik.

Kata berakhiran consonant + -이
Kata berakhiran Vokal + -가

contoh:
가방 [ga-bang] + 이 [i]
학교 [hak-gyo] + 가 [ga]

Jadi pada dasarnya,
partikel penanda topik (은 / 는) mengungkapkan apa topik kalimatnya,
dan partikel penanda subjek (이 / 가) menunjukkan apa subjek kalimatnya, tapi itu bukan segalanya.

Apa lagi yang ada tentang partikel 은 / 는 / 이 / 가?
  • [1]Selain menandai topik, 은 [eun] / 는 [neun] memiliki nuansa "tentang" sesuatu, "seperti untuk" sesuatu, atau bahkan "tidak seperti hal-hal lain" atau membedakan dari hal lain dalam kalimat.
  • [2]Selain untuk subjek dalam kalimat, 이 [i] / 가 [ga] memiliki nuansa "tidak lain dari" "tidak ada apa-apanya, tapi.." dan juga bila digunakan di dalam kalimat yang kompleks, berperan menandai subjek tanpa terlalu banyak menekankannya.

Contoh dari no [1]

이거 [i-geo] = ini + 사과 [sa-gwa] = apel + 예요 [ye-yo] = adalah 이거 사과예요. [i-geo sa-gwa-ye-yo] = ini adalah apel.
Dapat menambahkan 은/는 pada kalimat ini, dan subjek dari kalimat ini adalah 이거, karena berakhiran vokal maka tambahkan -는.
이거는 사과예요. [i-geo-NEUN sa-gwa-ye-yo]
= (yang lain bukan apel, tetapi) INI adalah apel.

Contoh seseorang bicara seperti ini:
이거 커피예요. [i-geo keo-pi-ye-yo] (= ini adalah kopi)
이거는 물이에요. [i-geo-NEUN mul-i-e-yo] (= yang tadi itu adalah kopi, tetapi yang INI adalah air.)
이거는 오렌지주스예요. [i-geo-NEUN o-ren-ji-ju-seu-ye-yo]
(= dan yang INI, "sesuatu yg beda lagi" adalah jus jeruk.)
이거는 뭐예요? [i-geo-NEUN mwo-ye-yo?]
(= dan apakah yang ini? / Apa ini? "menujuk pada sesuatu dan bukan yang lain")

Seperti yang dapat kita lihat dari contoh ini, 은 / 는 memiliki peran untuk menekankan topik kalimat tersebut dengan memberi nuansa "yang satu itu ... / yang SATU ini adalah ..." Jadi kadang tidak wajar menggunakan 은 / 는 dalam setiap kalimat yang kita ucapkan.

Jadi di Korea, meskipun 은 dan 는 umumnya partikel penanda topik, biasanya menggunakan 은 / 는 ketika benar-benar menekankan topik berbeda dengan bagian kalimat lainnya.

Misalnya, jika kita ingin mengatakan "Cuaca hari ini bagus." Bahasa Korea, kita bisa mengatakannya dengan berbagai cara. (Jangan khawatir tentang keseluruhan kalimat di sini. Fokus saja pada penggunaan 은 / 는.)

Contoh penggunaan dalam kalimat:
1) 오늘 날씨 좋네요. [o-neul nal-ssi jot-ne-yo]
Hari ini cuacanya bagus.
2) 오늘은 날씨 좋네요. [o-neul-EUN nal-ssi jot-ne-yo]
(sebelumnya cuaca tidak bagus, tetapi hari ini bagus.)
3) 오늘 날씨는 좋네요. [o-neul nal-ssi-NEUN jot-ne-yo]
(Hari ini, “belum tentu hal yang lain” tetapi untuk cuaca adalah bagus.)

Oleh karena itu partikel (은/는) dapat memberikan nuansa lain dalam percakapan bahasa korea!

Contoh dari no [2]

좋아요 [joh-a-yo] = ini bagus / 뭐 [mwo] = apa / 이/가 [i/ga] = subject partikel.

Apabila ingin mengatakan “좋아요. [joh-a-yo]” berarti “ini bagus.” atau “saya suka ini” Tetapi apabila tidak yakin dengan apa yang bagus “Apa yang bagus?” atau “maksudnya apa?” atau "apa yang kamu suka?" Untuk mengepresikan “apakah” yang bagus dapat mengatakan:

뭐가 좋아요? [mwo-GA joh-a-yo?]= apa "sesuatu" yang bagus?.
Kata 가 [ga] melambangkan subjek dari kata kerja “좋아요” yang bagus adalah...
Jika seseorang mengatakan,
ABC 좋아요. [ABC joh-a-yo] = ABC adalah yang bagus.
Dan jika kita tidak setuju dan XYZ adalah yang bagus, dan berpendapat “yang bagus” seharusnya XYZ, bukan ABC, dengan mengatakan:
ABC 좋아요? XYZ 가 좋아요! [ABC joh-a-yo? XYZ-GA joh-a-yo]

Untuk itu dengan 이 and 가, Kita dapat menambahkan rasa lebih dan makna lebih konkrit ketika Anda ingin menekankan Siapa melakukan sesuatu, YANG SATU yang baik, dan lain-lain.

Apakah sudah semuanya?
Hampir.
Seperti yang dapat kita lihat dari atas, 은 / 는 dan 이 / 가 keduanya memiliki peran yang berbeda, namun peran 은 / 는 sebagai faktor 'kontras' jauh lebih kuat, karena kita bisa mengubah topik kalimat dengan 은 / 는. Jadi, saat kita membentuk kalimat kompleks (misalnya, saya pikir buku yang Anda beli lebih Menarik dari pada buku yang saya beli.), secara umum, 은 / 는 tidak begitu umum digunakan di seluruh penjuru kalimat. Sering kali 은 / 는 / 이 / 가 bisa dihilangkan, tapi bila kita membutuhkan partikel untuk mengklarifikasi sebuah Arti / makna, 이 / 가 akan lebih umum digunakan.

0 Response to "Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 9)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel