-->

Perayaan Lebaran Prajurit TNI yang Bertugas di Timur Tengah

Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H tak hanya dirayakan warga yang di Tanah Air. Lebaran juga disambut prajurit TNI yang sedang bertugas sebagai pasukan perdamaian yang masih bertugas di Timur Tengah.



Salah satunya, Kontingen Garuda yang berada di wilayah Sektor Timur Lebanon. Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas POM TNI Konga XXV-H/Unifil dan Kompi B Satgas Indobatt Konga XXIII-J/Unifil merayakan hari raya Idul Fitri di Markas Satgas POM TNI “Gajah Mada Base” UNP 7-3, Blate, Lebanon.

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (9/7/2016), perayaan Lebaran diawali dengan shalat id berjamaah yang dipimpin Serda Ardiwan dan Imam Sertu Rahmad, Rabu (6/7/2016).

Shalat diikuti beberapa personel Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beragama Islam, yang berasal dari India, Nepal dan Spanyol. Meski merayakan Lebaran di Timur Tengah, prajurit TNI berupaya menghadirkan tradisi Lebaran yang biasa dilakukan di Indonesia.

Tradisi yang dimaksud yakni, menghidangkan sajian khas Lebaran berupa ketupat, lengkap dengan opor dan rendang. Yang lebih menarik, seluruh bahan pembuat ketupat dan rendang, secara khusus didatangkan dari Indonesia oleh personel TNI yang kembali dari cuti.

Bahkan, termasuk daun kelapa muda sebagai pembungkus ketupat. Seusai shalat, para prajurit yang berasal dari berbagai negara tersebut ikut mencicipi sajian yang dihidangkan prajurit TNI.

Perayaan Idul Fitri kali ini dihadiri langsung oleh Komandan Sektor Timur Unifil Brigadir Jenderal Alfredo Perez De Aguado Martinez, beserta staf dan para Komandan Batalyon dari negara lain yang berada di wilayah Sektor Timur Unifil.

Komandan Satgas POM TNI Letkol Cpm Zulkarnain mengatakan, perayaan Idul Fitri kali ini diharapkan dapat disyukuri prajurit, meski tidak dapat merayakan bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

"Agar selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena tetap dapat merayakan Idul Fitri bersama-sama dengan seluruh prajurit yang berasal dari Indonesia, meski tidak bersama keluarga di Indonesia," kata Zulkarnain. Sumber: Kompas

0 Response to "Perayaan Lebaran Prajurit TNI yang Bertugas di Timur Tengah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel