-->

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card

Cara Memindahkan Aplikasi atau Game Android Ke Eksternal SD Card - Setelah dalam beberapa kesempatan terakhir, saya menghadirkan game berkualitas. Saat ini, saya coba sedikit memberikan tutorial dan trik menarik mengenai Cara Memindahkan Aplikasi atau Game Android Ke Eksternal SD Card.

Tentu hal ini sangat berfungsi, karena dapat membuat memori internal yang biasanya mempunyai ukuran maksimal penyimpanan lebih rendah jadi terjaga dan android tidak lemot. Nah untuk mengatasi masalah keterbatasan pada memori internal tersebut kita bisa mengakalinya dengan cara memindahkan aplikasi Android ke SD Card atau memori eksternal. Dengan cara begitu, kita dapat menyimpan lebih banyak aplikasi dan memiliki penyimpanan yang lebih. Ada beberapa cara mudah untuk memindahkan aplikasi android ke SD card saat ini, baik dengan cara memindahkan aplikasi tersebut secara manual, maupun melalui aplikasi pihak ketiga dengan syarat smartphone kita harus sudah di root.

Cara Pertama Dengan Cara Manual
  • Masuk ke menu “Setting”
  • Lalu pilih “Aplikasi”
  • Selanjutnya tinggal mencari aplikasi yang ingin kita pindahkan ke memori eksternal dan pilih “Move to SD card”.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card Manual
Move SD Card

Cara Kedua (Aplikasi Pihak Ketiga)
Cara selanjutnya untuk memindahkan aplikasi Android ke eksternal SDCard, bisa menggunakan aplikasi gratis yang saat ini sudah banyak tersedia di Playstore dan yang saya rekomendasikan adalah Link2SD.

Link2SD memiliki fungsi utama yaitu dapat memindahkan banyak data dan aplikasi dari internal memori ke external memory dengan cepat. Aplikasi Link2SD membutuhkan sebuah partisi khusus yang terdapat pada SDcard untuk dijadikan tempat penyimpanan dari data aplikasi yang seharusnya disimpan di internal memory.
  • Perangkat smartphone android kita harus sudah berstatus root.
  • Memori Ekternal (SDCard) harus sudah terpartisi, sama halnya seperti partisi hardisk pada komputer, SDCard harus dipartisi menjadi 2 bagian, bisa mempartisinya dengan menggunakan aplikasi Partition Wizard, bisa melakukan proses partisi ini di PC/ Laptop atau langsung di android.

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card dengan Link2SD
  • Silahkan download dan install aplikasi Link2SD melalui Playstore.
  • Jalankan aplikasi Link2SD. Jika muncul permintaan akses root atau SuperUser, silahkan pilih Allow. Saat pertama kali menggunakannya, akan muncul pilihan file system pada partisi kedua dari microSD yang anda gunakan (ext2, ext3, ext4, FAT16/32), sesuaikan dengan jenis partisi yang sudah anda lakukan sebelumnya di PC misal FAT32/16, Lalu anda akan diminta merestart perangkat anda. Silahkan restart dan jalankan kembali Link2SD.
  • Setelah itu langsung saja pilih aplikasi mana saja yang ingin di pindahkan ke SD card. tekan softkey atau tombol pilihan, lalu pilih multi select. Anda dapat langsung memilih semua aplikasi dengan menyentuh select all, atau anda juga bisa memilih beberapa aplikasi saja dengan mencentangnya yang ada di sebelah kiri icon dari masing- masing aplikasi. Perlu diketahui bahwa aplikasi sistem tidak akan bisa dipindahkan.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card dengan Link2SD
  • Jika sudah selesai memilih aplikasi yang ingin dipindahkan, sentuh softkey lalu pilih create link.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card Link2SD
  • Pastikan kamu mencentang ketiga menu yang muncul seperti gambar dibawah ini, lalu pilih OK.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card Link2SD
  • Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah perbedaannya. Memory internal akan lebih bebas karena data aplikasi yang kamu pilih tadi telah dipindahkan total ke SD card partisi kedua. Silahkan cek penggunaan memory dengan menyentuh softkey dan pilih storage info.
Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card Link2SD

Demikianlah Informasi Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card yang dapat saya berikanm sahabat bisa mencobanya pada android kamu agar memori internal masih tersedia ruang sisa.

0 Response to "Cara Memindahkan Aplikasi Ke Eksternal SD Card"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel