-->

Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper

Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper - Pernahkah anda memikirkan sebuah gambar atau desain yang anda inginkan ada dalam baju atau kaos kamu ? anda berpikir untuk menyablon baju tersebut ? Pada saat ini saya akan mengajarkan Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper.

Transfer paper dirancang khusus untuk mentransfer gambar atau tulisan ke baju atau kaos dengan cara dipanaskan menggunakan alat pres atau setrika biasa. Cara sablon menggunakan transfer paper sangat mudah dan tidak memerlukan banyak alat - alat. Anda cukup mempunyai PC dengan software edit gambar seperti coreldraw atau photoshop dan tentunya sebuah printer untuk mencetak gambar ke transfer paper. Untuk pemilihan printer, kamu bisa memakai printer inkjet untuk mencetaknya.

Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper

Dalam membeli transfer paper ada hal yang harus diperhatikan karena kertas tersebut ada dua macam yaitu Clear dan Dark. Apabila anda mau mengaplikasikan di kaos yang berwarna putih, abu-abu atau warna-warna yang terang lainnya maka gunakan transfer paper standard atau biasa disebut transfer paper clear. Sedangkan untuk kaos polos yang warnanya lebih gelap atau hitam maka gunakan transfer paper dark. Dan berikut ini cara sablonnya.
Untuk mengetahui bedanya jenis Transfer Paper, bisa baca di Perbedaan Transfer Paper Light dan Dark

a. Cara sablon kaos polos dengan transfer paper clear / Light :

1. Gambar yang di desain harus dibuat terbalik atau di setting mirror.
2. Print gambar tersebut ke transfer paper
3. Gunting atau potong transfer paper yang telah dicetak sesuai dengan pola atau seusuai dengan yang ada inginkan, dengan menyisakan 0,2mm untuk bordernya.
4. Letakkan kaos yang akan di sablon diatas kertas karton yang cukup tebal.
5. Letakkan transfer paper yang sudah digunting diatas kaos, lalu panaskan menggunakan mesin hot press yang bisa disetting temperature dan waktu pengepresannya, ini yang biasa disebut dengan sablon digital. Anda juga bisa menggukan setrika dengan setting temperatur rendah, jangan terlalu panas karena kertas bisa lengket di setrika.
6. Jika menggunakan setrika cukup gosok secara merata selama 30 detik saja.
7. Dan langkah terakhir, buka kertas transfer paper secara perlahan, maka kaos sablon dengan yang kamu desain sendiri sudah selesai.


b. Cara menyablon kaos polos dengan transfer paper dark :

1. Print gambar ke transfer paper, gambar tidak perlu disetting mirror. Setting opsi pada printer dengan kualitas best.
2. Lepaskan lapisan yang berwarna putih dari transfer paper secara perlahan dan hati-hati. Maka akan tersisa lapisan semacam membran elastis, kemudian letakkan lapisan ini diatas kaos yang sudah dialasi kertas karton tebal.
3. Letakkan kertas minyak, biasanya satu paket dengan transfer paper dark diatas lapisan elastis, kemudian gosok dengan setrika atau press dengan mesin hot press.
4. Proses penggosokan jangan terlalu lama karena bisa mengakibat lapisan elastis kering dan keriput.
5. Desain kaos sablon dengan transfer paper kamu sudah siap dipakai

Dengan sablon baju dengan transfer paper memiliki banyak keuntungan. selain meringankan pererjaan dengan alat - alat yang sedikit dan mudah didapat, juga kualitasnya yang bagus, tidak mudah pecah gambarnya, dan pemilihan warna bisa memakai semua warna yang tersedia di printer.


Demikian postingan kali ini mengenai Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Sablon Baju Dengan Transfer Paper"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel