-->

Pengertian dan Konsep Pemasaran

Pengertian dan konsep pemasaran – Bagi yang ingin melakukan atau membuka suatu usaha maka harus memperhatikan tentang pemasaran. Apa pemasaran itu dan bagaimana konsep pemasaran ? akan saya jelaskan dalam artikel ini. Apabila pemasaran suatu produk atau jasa dilakukan atau diaplikasikan dengan tepat, maka hal tersebut dapat menjamin suatu kesuksesan dari sebuah perusahaan, kelompok, atau perorangan yang menjalankan usaha.
Pengertian dan konsep pemasaran

1. Pengertian Pemasaran
Pemasaran merupakan suatu proses untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan manusia. Jadi, segala kegiatan di dalam hubungan pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan suatu bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran sendiri dimulai dengan melalui pemenuhan kebutuhan manusia lalu kemudian bertumbuh menjadi sebuah keinginan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang membutuhkan air untuk bisa memenuhi kebutuhan dahaganya. Apabila ada segelas air, kebutuhan dahaganya itu pun bisa terpenuhi. Tapi manusia bukan hanya mau memenuhi kebutuhannya, tapi juga ingin memenuhi keinginannya, contohnya yaitu segelas air dengan merek tertentu yang bersih dan praktis untuk dibawah. Oleh karena itu, manusia tersebut memilih air dalam bentuk kemasan botol yang sesuai dengan kebutuhannya dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah untuk dibawa.

2. Konsep Pemasaran
Konsep pemasaran berbeda dngan penjualan. Konsep pemasaran harus dibedakan dengan penjualan. Pemasaran adalah suatu orientasi manajemen yang beranggapan kalau tugas utama dari perusahaan adalah untuk memaksimalkan apa yang menjadi kepuasan konsumen (consumer’ satisfaction), sedangkan penjualan hanya merupakan bagian dari kegiatan pemasaran yang lebih berorientasi pada suatu peningkatan volume penjualan yang maksimal.
Di dalam manajemen pemasaran, ada terdapat empat hal pokok yang mampu menjamin sebuah keberhasilan dari perusahaan dalam usaha memasarkan produknya, keempat hal pokok disebut bauran pemasaran (marketing mix) dan sebagai berikut :

- Produk (Product)
Produk merupakan suatu barang atau jasa yang ditawarkan kepada pasar baik produk fisik maupun jasa. Dalam menghasilkan  suatu produk, rodusen harus bisa lebih memperhatikan kebutuhan dan keinginan dari konsumen di pasaran.

- Harga (price)
Harga adalah kompensasi yang harus dilakukan untuk memperoleh suatu barang atau jasa. Untuk bisa menetapkan sebuah harga produk, produsesn harus mampu menghitung atau memperhitungkan biaya produksi dengan tujuan agar tidak terlalu tinggi atau rendah yang dampaknya akan mempengaruhi konsumen dan produsen itu sendiri dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan.

- Tempat atau saluran distribusi (place)
Saluran distribusi merupakan suatu perantara perdagangan (intermediaries) yang bertugas melakukan kegiatan untuk menyalurkan suatu produk dari produsen kepada konsumen mulai dari distributor, pedagang besar sampai pedangang kecil atau pengecer. Kegiatan saluran distribusi ini penting sebab pada umumnya tak semua barang bisa untuk dikonsumsi secara langsung oleh pemakai.

- Promosi (Promotion)
Promosi adalah kegiatan – kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan cara aktif atau agresif untuk bisa mendorong kosumen dengan membeli suatu produk yang ditawarkan dan selain itu, promosi tersebut berfungsi untuk bisa mempengaruhi suatu keputusan dari konsumen untuk membeli suatu produk.


Baca Juga : Langkah - Langkah Menyusun Visi dan Misi DalamUsaha

Demikian Postingan Kali ini tentang Pengertian dan Konsep Pemasaran semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Konsep Pemasaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel