Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Google Dengan Benar
SEO onpage adalah upaya menata suatu halaman web agar mesin pencari seperti Google bisa mengenali kata kunci apa yang sedang kita tekankan di dalam halaman tersebut Title tag Title tag adalah komponen terpenting yang harus anda perhatikan pada saat melakukan optimasi onpage.
Berikut tahap tahap melakukan optimasi SEO Onpage Dengan Benar:
. Jadi ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan: Pastikan kata kunci yang anda targetkan bisa ditemukan di dalam title tag ini. Semakin di depan posisi kata kunci akan semakin baik; jadi jangan menaruh merek anda di bagian depan title tag Panjang Title tag sebaiknya dibatasi 5-7 kata saja Judul sebaiknya dibuat cukup provokatif untuk memancing yang melihatnya untuk mengklik Meta description Untuk melakukan SEO onpage, maka meta description juga sebaiknya mendapatkan perhatian khusus. Jadi ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dari sebuah meta description. Pastikan anda menaruh kata kunci utama di awal meta description. Pastikan anda mengikutkan variasi kata kunci tambahan atau pelengkap; untuk menambah peluang variasi kata kunci yang bisa anda kuasai Jangan mengulangi suatu kata lebih dari 2 kali di dalam meta description Panjangnya sebaiknya dibatasi hingga 150 karakter saja. Sedapat mungkin meta description juga dibuat mengundang klik yang membacanya Sistem Heading Yang dimaksud dengan sistem heading adalah penggunaan tag sampai
Berikut tahap tahap melakukan optimasi SEO Onpage Dengan Benar:
Title tag
Title tag adalah komponen terpenting yang harus anda perhatikan pada saat melakukan optimasi onpage. Title tag ini ada di bagian <head> dari halaman dan diapit dengan tag <title>. Jadi ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan:
- Pastikan kata kunci yang anda targetkan bisa ditemukan di dalam title tag ini.
- Semakin di depan posisi kata kunci akan semakin baik; jadi jangan menaruh merek anda di bagian depan title tag
- Panjang Title tag sebaiknya dibatasi 5-7 kata saja
- Judul sebaiknya dibuat cukup provokatif untuk memancing yang melihatnya untuk mengklik
Meta description
Untuk melakukan SEO onpage, maka meta description juga sebaiknya mendapatkan perhatian khusus. Jadi ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan dari sebuah meta description.
- Pastikan anda menaruh kata kunci utama di awal meta description.
- Pastikan anda mengikutkan variasi kata kunci tambahan atau pelengkap; untuk menambah peluang variasi kata kunci yang bisa anda kuasai
- Jangan mengulangi suatu kata lebih dari 2 kali di dalam meta description
- Panjangnya sebaiknya dibatasi hingga 150 karakter saja.
- Sedapat mungkin meta description juga dibuat mengundang klik yang membacanya
Sistem Heading
Yang dimaksud dengan sistem heading adalah penggunaan tag <h1> sampai <h6> di dalam artikel. Walaupun tag tersedia sampai <h6> namun dalam praktek yang lazim terjadi hanya penggunaan sampai tag <h3> atau <h4> saja.
Tag <h1> menandakan sangat penting; <h2> menandakan penting; dan <h3> cukup penting. Tag heading ini biasanya digunakan sebagai judul dari poin pembahasan di dalam artikel. Jika anda pernah membuat skripsi saat kuliah, maka anda pasti tahu apa yang dimaksud dengan poin-poin pembahasan.
Aplikasi penggunaan sistem heading tag yang baik bisa anda temukan pada semua artikel di Wikipedia. Heading tag ini sangat penting jadi sebaiknya anda memastikan kata kunci anda termuat di dalam heading ini untuk menunjang optimasi SEO onpage saudara.
Penggunaan bold
Walaupun saat ini peranan bold semakin lemah saja tapi tetap masih memberikan poin jadi sebaiknya anda mencetak tebal kata kunci yang ditargetkan di dalam artikel. Ini juga bisa membantu anda melakukan SEO onpage pada halaman tersebut.
Penggunaan ALT tag pada gambar
Jika anda memakai gambar di dalam artikel maka sebaiknya anda menyertakan ALT tag di dalamnya. Kenapa? Karena saat ini googlebot dan robot lainnya belum dapat mengenali gambar. Jadi pengklasifikasian gambar yang dilakukan hanya dengan meninjau ALT tag yang digunakan.
Sistem Interlink
Jika website anda itu membahas terlalu banyak masalah yang beragam, maka bisa dipastikan halaman yang satu dan yang lainnya akan saling tidak relevan. Memperbanyak link pada sidebar yang menuju artikel lain bisa jadi akan melemahkan relevansi pada artikel yang ditampilkan.
Sebagai contoh: Jika anda membahas masalah kesehatan; tapi di sidebar ada banyak link menuju artikel masalah finansial; atau otomotif, dll; maka relevansi halaman tersebut terhadap kesehatan akan berkurang.
Pastikan anda cukup kuat mencari backlink jika ingin memperbanyak link yang tidak relevan pada sidebar. Dari sini anda bisa melihat bahwa cara anda melakukan optimasi SEO onpage akan menentukan seberapa keras optimasi SEO Offpage anda nantinya.
Text Sitewide sebaiknya diminimalkan
Yang dimaksud dengan text sitewide adalah text yang muncul di semua halaman di dalam blog anda. Misalnya text yang ada di sidebar dan text yang ada di footer. Jika anda tidak kuat menulis artikel yang panjang, maka sebaiknya membatasi konten statis pada sidebar dan footer.
Nah itu beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat blogger!
Selamat Mencoba !!
dari halaman dan diapit dengan tag
0 Response to "Cara Melakukan Optimasi SEO Onpage Google Dengan Benar "
Post a Comment