Tutorial RPG Maker VX Bahasa Indonesia Part 2
Halo semua . balik lagi nih ke tutorial RPG MAKER VX Bahasa Indonesia . Dan tentu saja , creatornya saya , BayuD10 . Seperti yang saya janjikan sebelumnya , part 2 ini saya akan memperjelas lagi interface dasar yang perlu dipelajari di RPG Maker VX.
Jadi sebelumnya saya juga minta maaf karena update terlalu lama . Sumanay..
dan juga, saya belum menyempatkan diri membuat PDF dan video . MAAF SEBESAR-BESARNYA !!
dan juga, saya belum menyempatkan diri membuat PDF dan video . MAAF SEBESAR-BESARNYA !!
Baiklah , tool sama seperti kemarin ,
1.RPG Maker VX
2.Willpower
Langsung ke langkah nya saja . Goal dari tutor kali ini adalah mengganti actor didalam database projek.
Database adalah koleksi berbagai data dari game , misalnya JUDUL game , Character game , Status , Bio , Skill , Item , dan lainnya .
1
1.Buka Projek kemarin yang kita buat . dengan cara FILE->OPEN PROJECT .
1.Buka Projek kemarin yang kita buat . dengan cara FILE->OPEN PROJECT .
2.Dari projek kita sebelumnya kita sudah membuat map kecil dan event show text . Sekarang kita beralih ke RIBBON DATABASE .
3.Setelah kita membuka Database , akan keluar tampilan berikut , sekalian bayu jelaskan dah
Kolom Hitam : Itu adalah Actor , yaitu character yang dapat kita mainkan .
Kolom Kuning : itu adalah data bio dari actor , Name itu adalah nama pemain , Class itu menunjukkan kelasnya , misalnya Paladin , Knight , Archer , dll .
Ø Name : Nama dari actor tersebut
Ø Class : Kelasnya , Archer , Knight , dan lain lain . Setiap class biasanya memiliki keistimewaan masing-masing . Kita juga bisa membuat class sendiri . tapi itu nanti saya ajari part 6 atau 7 deh .
Ø Initial Level : Level awal dari actor tersebut . kalo yang bukan main , sesuaikan saja !
Ø EXP Curve : Kalo dijelasin gimana ya , sulit kayaknya , tapi coba deh jelaskan . EXP curve itu urutan EXP yang diperlukan untuk naik level . info lebih lanjut pelajari di helpfile RMVX(F1) deh , gak sanggup bayu jelasin
Ø Character Graphic : Ini graphic dari actor nanti bisa dilihat sendiri .
Ø Face Graphic : Wajah actor nanti , bisa dikosongkan sih kalo mau bikin game tanpa face graphic . tapi kan lebih seru kalo pake graphic original.di tutor ini Bayu tidak menggunakan yang ori kok .
Kolom Hijau : Itu adalah Parameter dari actor , yaitu batasan dan awalan dari kekuatan actor . sampai saat ini , Spirit yang masih Bayu Kurang mengerti
Kolom Merah : Itu adalah Starting Equipment, yaitu peralatan yang dipakai actor saat pertama kali , tentu saja jika kita memasukkan equipment yang kuat , berpengaruh besar kepada actor meskipun actor hanya level 1 .
OPTIONS : wah , bayu lupa beri kolom ,maaf . Itu adalah special-special yang dapat dimasukkan kedalam Actor , supaya lebih GREGET , lebih enak gak usah :3
4.Coba diutak atik sendiri dulu om untuk sementara yang kolom Kuning tadi
Double klik CharacterGraphic nanti keluar popup seperti disampingnya itu . itu kita disuruh memilih graphic untuk character actor itu sendiri . Setelah memilih graphic , klik OK .
5. Alhasil setelah Bayu rubah .
dari gambar diatas telah menjelaskan bahwa nanti actor ini :
Nama : BayuD10 Class : Dark Knight
Level awal : Lvl 5 dan lain-lain
Sekarang langsung Apply -> OK .
6. Sekarang ayo kita uji coba , apakah benar-benar berganti ?
Ayo coba playtest , sebelum Playtest di save dulu projectnya
Ayo coba playtest , sebelum Playtest di save dulu projectnya
7. Nah , bagaimana ? Udah keliatan kan jadinya ? Bayu ambil SS dibawah ini dari Menu STATUS
Nah , Goal kita kali ini sudah tercapai , seperti janji saya saat Part 1 , Part 3 nanti saya akan menjelaskan Interface eventing . Goal nya saya belum menentukan sih . kalo ada saran Goal berikutnya , hubungi saya di Facebook atau Kirimi saya E-Mail saja !
0 Response to "Tutorial RPG Maker VX Bahasa Indonesia Part 2"
Post a Comment