-->

FOTO: Berkunjung ke Oymyakon, Kota Terdingin Sejagat Raya, Brrr…

Penasaran? Yuk langsung saja kita baca artikel berikut ini.


Peta dunia Oymyakon
Suhu rata-rata di kota Oymyakon ini dapat mencapai -45 derajat Celcius, dan mencapai puncak rekor terdingin pada suhu -71.2 derajat Celcius. Uniknya, Oymyakon mempunyai arti “air yang tidak membeku” karena kota ini juga mempunyai sumber air panas.Tempat terdingin di dunia tersebut adalah Oymyakon yang terletak di sebelah timur laut Republik Rusia, Sakha (Yakutia). Kota terdingin ini terletak di jantung kota Siberia, dan dijuluki “Cincin Kematian Stalin” (sebuah tempat pengasingan untuk tahanan Politik pada masa Stalin).














Suasana kehidupan kota Oymyakon di Rusia
Kota kecil Oymyakon ini dihuni oleh kurang lebih 500 orang penduduk, dan sampai saat ini hanya memiliki sebuah hotel tunggal tanpa air panas dengan toilet yang terletak di luar. Kebanyakan rumah di Oymyakon masih membakar batu bara dan kayu untuk menghasilkan panas untuk menghangatkan tubuh. Tidak ada sinyal seluler di Oymyakon dan bahkan perangkat elektronik tidak akan dapat digunakan karena akan rusak dalam suhu beku. Untuk makanan, tidak ada yang bisa tumbuh di sini sehingga penduduk oymyakon biasanya mengkonsumsi daging rusa dan daging kuda. Petugas medis mengatakan bahwa alasan mereka tidak menderita gizi buruk adalah karena ada banyak mikronutrien dalam susu hewan yang mereka konsumsi.





Satu-satunya kedai yang ada di kota ini


















Pakaian para penduduk kota Oymyakon
Di Oymyakon hanya ada sebuah toko saja yang menyediakan kebutuhan 500 penduduk kota. Sebagian penduduk memiliki mata pencaharian sebagai peternak rusa, berburu dan memancing di es untuk kelangsungan hidup mereka.





Kuburan yang ada di kota terdingin ini
















Bentuk kota Oymyakon bila dilihat dari atas
Kehidupan di kota paling dingin sejagat raya ini sangat sulit. Tidak ada banyak hal yang dapat dilakukan sehingga aktifitas para penduduk pun terbatas. Bayangkan saja kondisi dimana tinta pena membeku, aki kehilangan daya lebih cepat, logam menempel pada kulit, mobil tidak dapat dinyalakan tanpa menyalakan api unggun di bawah tangki bahan bakar, Minyak roda juga membeku dan harus dipanaskan dengan obor. Masalah lain yang ditimbulkan oleh suhu dingin adalah penguburan mayat. Dibutuhkan 2 atau 3 hari untuk menggali kuburan di tanah beku.



Tidak banyak aktifitas yang dapat dilakukan oleh penduduk kota kecil ini
Tidak banyak yang dapat dilakukan di Oymyakon, tapi itu tidak menghentikan perusahaan wisata untuk menawarkan tur ke desa di tengah musim dingin. Wisatawan melakukan perjalanan hanya untuk mengalami bagaimana rasanya berada di kota yang paling dingin di bumi. Selain itu, mereka sering melakukan perjalanan wisata pada peternakan lokal dan museum dan mendapatkan pengalaman memancing di es. Selain itu juga selalu ada kesempatan untuk berenang di kolam air panas Oymyakon ketika suhu udara berada di minus 50-an derajat Celcius.

sumber : jadiberita.com

0 Response to "FOTO: Berkunjung ke Oymyakon, Kota Terdingin Sejagat Raya, Brrr… "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel