Kinerja Motor saat digunakan
Motor saat kecepatan rendah
Pada saat mesin di hidupkan dan berputar pada kecepatan rendah rotor beputar sehinga terjadi induksi pada kumparan stator arus listrik yang di bangkitkan oleh kumparan stator di alirkan ke terminal N - alter……….-menuju ke massa sehinga kontak P0 sehingatertarik dan menempel ke p2 akibatnyaPada kedua terminal tidak terdapat beda tegangan dengan demikiAN lampu indicator mati. Di samping itu arus listrik yg di bangkitkan oleh kumparan stator di alirkan ke terminal B melalui diode kemubiaan di alirkan ke B regulatorkemudian ke P2-P0 ke kumparan regulator tegangan menuju massa dengan demikian regulator tegangan siap bekerja pada waktu putaran rendah tegangan out put alternator juga rendah sehinga kemahnetan yg di hasilkan oleh kumparan regulator tegangan belum mampu menarik PL0 shg arus yang mengalir ke kumparan rotor masih besar.
Motor saat kecepatn sedang
Jika pedal gas diinjak hingga mesin berputar pd kecepatan menengah maka tegangan output alternator naik dg demikian kemagnetan yang ditimbulkan oleh regulator tegangan mjd semakin kuat hingga mampu menarik kontak pl0 hingga pd posisi mengambang. Akibatnya arus dari IG regulator mengalir ke resistor dengan demikian tegangan dan arus yang bekrja pd kumparan rotor turun dan kemagnetan pun turun dg demikian tegangan output alternator ter regulasi atau terkontrol.
Saat kecepatan tinggi
Jika putaran mesin di buat tinggi wallaupun kemahnetan pada kemampuan rotor rendah tegangan induksi yg di bangkitkan statorsemakin tingi kenaikan tegangan out put ini menyebabkan kumparan regulator teganan semakin kuat untuk menarik kontak P0 hingga menempel dengan PL2 akibatnya arus listrik dari terminal IG regulator akan mengalir ke resistor menuju masssa pada saat ini tidak ada arus yg mengalir ke kumparan rotor& kemahnetan rotor pun hilang dgn cara ini maka tgangan out put alternator bias di batasi
Posted By Febri Irawanto
0 Response to "Kinerja Motor saat digunakan"
Post a Comment