Beberapa Etiket dalam Menggunakan Email
Beberapa Etiket dalam Menggunakan Email
- Perlakukan email secara pribadi. Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
- Jangan gunakan huruf kapital. Membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan, tidak enak dilihat. Di samping itu, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak.
- Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama Forward, yang memungkinkan si penerima meneruskan (forward) pesan yang diterimanya kepada orang lain.
- Jangan gunakan CC (Carbon Copy). Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, --atau biasa disebut cross posting-- semua orang yang menerima email Anda, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat emailnya disebarluaskan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang yang dituju hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri. Pada Outlook Express, kolom BCC ini bisa dimunculkan dari menu View.
- Jangan gunakan format HTML. Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program email rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
- Jangan kirim attachment file tanpa minta izin sebelumnya. Peraturan email secara internasional melarang pengiriman format melalui email, apalagi di dalam milis. Pengiriman file yang besar akan membebani mailbox orang lain dan membuat proses download menjadi lamban. Jika file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, Anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail.
Jawablah secara proporsional. Jangan menjawab dengan terlalu singkat ataupun terlalu panjang. Jawablah sesuai dengan pesan yang dikirim kepada anda. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, membuat loading menjadi lambat, menambah beban pulsa baik pada pihak penerima, maupun pada pihak si pengirim. Sedangkan pesan yang terlalu pendek bisa disangka kurang menghargai orang lain.
Segudang Informasi Di febriirawanto.blogspot.com
Terima kasih telah mengunjungi blog kami
0 Response to "Beberapa Etiket dalam Menggunakan Email"
Post a Comment